Pengemudi Harus Paham Arti Kode Angka dan Huruf pada Mobil Transmisi Matik

- 15 Mei 2024, 20:06 WIB
IlusterasiTuas Transmisi mobil matik
IlusterasiTuas Transmisi mobil matik /

 

KABARINDRAMAYU - Mobil keluaran baru rata-rata sudah memiliki pilihan transmisi otomatis atau matik. Transmisi jenis ini dinilai lebih memberikan kemudahan pada pengemudi.

Khususnya, bagi para pengemudi yang baru bisa mengendarai mobil atau umumnya disebut green driver. Namun, berbeda dengan transmisi manual, pada model matik dilengkapi dengan kode berupa huruf dan angka.

Masing-masing kode tersebut memiliki arti dan fungsi yang berbeda sesuai dengan penggunaannya. Selain itu, kode pada tuas transmisi matik bisa saja berbeda antara satu pabrikan dengan merek lainnya.

Untuk itu, pengendara harus paham sebelum menggunakannya agar saat berkendara bisa nyaman dan tentunya

Setiap perusahaan memiliki kode dalam bentuk huruf maupun angka yang tidak sama. Meskipun, dalam pengoperasiannya pada dasarnya sama saja.

"Pada tuas transmisi mobil matik itu ada kombinasi huruf dan angka, seperti P-R-N-D-2-L, ada juga lagi P-R-D-D3-2-L, dan ada juga yang hanya P-R-N-D-S. Pada dasarnya sama saja, yang penting mengerti fungsinya masing-masing," kata Suparna

Berbeda halnya dengan tanda pada tuas transmisi mobil manual, angka maupun huruf pada tuas transmisi mobil matik ini tidak mengacu pada gigi percepatan. Tapi, mengacu pada fungsi dari setiap posisi tuas transmisi tersebut.

Berikut arti dari kode angka maupun huruf pada tuas transmisi mobil otomatis:

Halaman:

Editor: Hasto Kristanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah