Kesenian Tradisional di Indramayu yang Tetap Lestari Sampai Sekarang

- 14 Mei 2024, 21:57 WIB
Tari Topeng Indramayu
Tari Topeng Indramayu /

 


KABARINDRAMAYU - Kabupaten Indramayu merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang menarik untuk dikulik. Sebab, di kota mangga ini banyak sekali ragam kesenian dan kebudayaan khas Indramayu yang bakal kamu jumpai ketika berkunjung ke Indramayu.

Karena penduduk di Kabupaten Indramayu merupakan campuran dari suku Sunda dan Jawa, budaya yang tumbuh dan berkembang merupakan bentuk implementasi ekspresi masyarakat setempat yang dipengaruhi oleh kebudayaan dua suku tersebut. Dengan demikian, terbentuklah kebudayaan hasil akulturasi.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai kesenian dari Indramayu? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Tari topeng

Tari topeng sebenarnya kesenian yang berasal dari Cirebon, termasuk juga di Indramayu. Dinamakan tari topeng karena penarinya memakai topeng saat menari.Tari topeng beraneka ragam dan mengalami perkembangan dalam hal gerakan ataupun cerita yang ingin disampaikan dalam tarian tersebut.

Ciri khas lain dari tari topeng yaitu tarian diiringi dengan musik yang didominasi oleh kendang dan rebab. Hingga saat ini pun kesenian tari topeng masih eksis dipelajari di sanggar-sanggar tari dan juga sering dipentaskan saat acara resmi daerah. Sebagai salah satu sanggar tari topeng yang ada di Indramayu ialah sanggar tari topeng milik Mimi Rasinah. Sang maestro tari topeng ini telah wafat pada Agustus 2010 lalu.

2. Sintren

 

Halaman:

Editor: Hasto Kristanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah