Ridwan Kamil Jadi Cawapres Ganjar Pranowo, PDIP Menolak Ini Alasannya!

- 19 September 2023, 08:12 WIB
Ridwan Kamil
Ridwan Kamil /

KABARINDRAMAYU- Sejak ketemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati beberapa hari lalu, mantan gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil langsung mendapat sorotan publik bahwa dia bakal dipilih menjadi calon wakil presiden Ganjar Pranowo.

Lembaga survei pun ramai ramai melakukan survei yang hasilnya pasangan Ganjar dengan Ridwan Kamil mendapat hasil paling tinggi dibanding dua bakal calon presiden yang lain.

Pengamat pun bahkan menilai Golkar akan bermain dua kaki. Strategi dua kaki ini pernah dilakukan oleh Jusuf Kalla dalam pemilihan umum 5 tahun lalu. Namun prediksi ini dipatahkan oleh Ketua PDIP Puan Maharani. Dia menyebutkan tidak mungkin Ridwan Kamil menjadi wakil Ganjar.

Puan juga menyebutkan hal yang sama berlaku untuk Agus Harimurti Yudhoyono. Jadi dua orang yang digadang-gadang menjadi calon wakil presiden untuk Ganjar Pranowo sudah tidak mungkin lagi.

Puan beralasan bahwa Ridwan Kamil merupakan wakil ketua DPP Golkar di mana Ketua Umum Golkar sudah memutuskan akan menunjuk Ridwan Kamil untuk bertarung di DKI atau Jawa Barat untuk kali kedua. Sedangkan AHY menurut ketua DPR RI itu, partainya sudah memutuskan merapat pada Koalisi Indonesia Maju di mana Prabowo Subianto sebagai calon presidennya.

"Betul tadinya kan muncul nama Mas AHY, tetapi kan Demokrat sudah memutuskan menentukan ke Pak Prabowo ya, jadi tak mungkin bisa bersanding dengan Ganjar," kata Puan di Pesantren Al Hamid, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin 18 September 2023

Demikian juga, lanjut Puan, dengan Ridwan Kamil, Golkar kan sudah dengan pak Prabowo. Jadi RK kader Golkar. "Lagi pula saya dengar Munas di Golkar tetap putuskan capres dan cawapresnya Mas Airlangga. Jadi tak mungkin satu kader ada di sini dan gerbong lain ada di tempat lain," kata Puan.

Dengan bergabung Demokrat pada Koalisi Indonesia Maju, maka partai yang bergabung dengan Prabowo menjadi bertambah yakni Golkar, Gerindra, PAN, PBB dan Partai Gelora dan Demokrat.

Sementara itu, PDIP sendiri belum menentukan siapa jadi bakal cawapres Ganjar. PDIP kini didukung oleh PPP, Perindro, dan Hanura.

Halaman:

Editor: Zamhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah