Benarkah Transformasi Dukungan Relawan Projo dari Jokowi ke Prabowo, Deklarasi Resmi Menjadi Probo 2024?

- 4 Agustus 2023, 15:46 WIB
Relawan Pro Jokowi (Projo) Sumatera Barat mengusulkan agar Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto berduet dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. || Dok. Istimewa.
Relawan Pro Jokowi (Projo) Sumatera Barat mengusulkan agar Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto berduet dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. || Dok. Istimewa. /

KABARINDRAMAYU-Benarkah dukungan politik Relawan Projo atau Pro Jokowi pada Pilpres 2019 silam kini bertransformasi dari Jokowi ke Cawapres Prabowo, hingga memunculkan isu menyebut bahwa Projo resmi mendeklarasikan diri sebagai Probo alias Pro Prabowo di Pilpres 2024.

Konsultan politik Eep Saefullah beberapa waktu lalu pernah mengungkapkan bahwa pertukaran cenderung di update sesuai perkembangan, dan politik transaksi tidak pernah jauh untuk urusan kerongkongan dan perut.

Ia mengatakan bahwa pihak manapun yang memiliki keberanian untuk mengkapitalisasi kepentingan dengan posisi tawar yang lebih tinggi maka disitulah kiblat politik bermuara.

Baca Juga: INI DIA Jawaban Kode Voucher Badai Shopee Jumat 4 Agustus 2023, Dapatkan Diskon Belanja 100 Persen

Menjelang Pilpres 2024, Relawan Projo atau Pro Jokowi pada Pilpres 2029 silam disebut-sebut sedang memasuki masa transformasi politik tersebut.

Kondisi tersebut akan menjadi dilematis bagi Tim Relawan Projo sebab mereka dihadapkan pada situasi yang berbeda menjelang Pilpres 2024.

Ia menyebut, selain tawaran kenyamanan dan uang, dilema bagi Relawan Projo karena ada dua sosok figur terbaik kandidat Capres 2024, selain Cawapres Anies Baswedan, diantaranya Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Berhadapan pada dua pilihan tersebut menjadi tahapan penting untuk mempertahankan DNA dukungan Relawan Projo atau justru mereka terpaksa harus berakhir dengan meninggalkan catatan pahit untuk dikenang kemudian hari.

Dari Projo menjadi Probo bukan sesuatu yang mustahil meskipun hal itu dilalui dengan cara sembunyi atau bahkan secara terang terangan.

Halaman:

Editor: Budi Supri Yanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah