Pemkab Indramayu Optimalkan Pemberdayaan Sosial Guna Kemandirian Masyarakat

- 21 Mei 2024, 15:57 WIB
Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Indramayu menggelar kegiatan pelatihan bimbingan teknis bagi masyarakat penerima manfaat.
Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Indramayu menggelar kegiatan pelatihan bimbingan teknis bagi masyarakat penerima manfaat. /


KABARINDRAMAYU - Dorong perkembangan kreativitas dan inovasi dalam upaya memajukan perekonomian masyarakat menengah ke bawah khususnya kaum perempuan, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Indramayu menggelar kegiatan pelatihan bimbingan teknis bagi masyarakat penerima manfaat.

Agenda yang terlaksana di Gedung Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Indramayu, pada Senin 20 Mei 2024 tersebut merupakan dukungan yang diberikan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) RI melalui program Pemberdayaan Sosial untuk Kemandirian Sosial Ekonomi di Kabupaten Indramayu Tahun 2024.

Berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kabupaten Indramayu, sasaran bantuan diberikan kepada 198 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di 8 kecamatan dan 18 desa/kelurahan.

Daerah yang didapati KPM diantaranya Kecamatan Indramayu, Kertasemaya, Sliyeg, Jatibarang, Anjatan, Losarang, Pasekan, dan Kandanghaur.

Bantuan yang diberikan dilihat berdasarkan potensi daerahnya, seperti pelatihan menjahit dan handicraft berbahan dasar batik sejumlah 30 peserta, pelatihan bordir sejumlah 8 peserta, pelatihan pengolahan buah mangga sejumlah 68 peserta, serta pelatihan pengolahan ikan laut sejumlah 39 peserta.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Indramayu, Sri Wulaningsih menyampaikan, terkait hal penerima manfaat pada pelatihan kali ini bahwa Kemensos telah melakukan penyerahan bantuan sosial hibah pemberdayaan masyarakat untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu.

“Sebagaimana kita ketahui, pada tahun 2023 lalu Kemensos RI telah memberi bantuan atau hibah kepada Pemerintah kabupaten Indramayu untuk pemberdayaan masyarakat, yang pada hari ini adalah rangkaian dari bantuan tersebut,” ujarnya.

Sri Wulaningsih mengatakan, bantuan Kemensos yang diusulkan Bupati Indramayu, Nina Agustina ini harus diberdayakan, terutama dengan pemanfaatan potensi yang ada di Kabupaten Indramayu.

Menurutnya, kesempatan tersebut menjadi bekal guna mendukung Program Unggulan Bupati Indramayu menuju visi Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur, dan Hebat).

Halaman:

Editor: Hasto Kristanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah