Bacaan Doa Walimatus Safar Berikut Latin dan Artinya, Tradisi Sebelum Berangkat Haji

- 19 Mei 2024, 08:06 WIB
Ilusterasi Ibadah Haji
Ilusterasi Ibadah Haji /

KABARINDRAMAYU -Walimatus safar merupakan tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia sebelum berangkat ibadah haji. Berikut ini doa walimatus safar yang perlu diamalkan.

Walimatus safar adalah acara yang diadakan oleh jemaah haji sebelum melakukan perjalanan haji ke Makkah. Acara tersebut biasanya dihadiri keluarga, kerabat serta tetangga.

Sebab itu, walimatus safar kerap disamakan dengan acara syukuran dan momen berpamitan jemaah haji yang diisi dengan memohon doa kepada Allah SWT. Selain itu, acara ini juga kadang diselingi oleh tausiyah terkait ibadah haji.

Adapun tujuan dilakukannya walimatus safar adalah untuk memohon doa dan ampunan agar diberikan keselamatan dan ibadah haji yang ditunaikan menjadi mabrur. Selain mendoakan jemaah yang bersangkutan, walimatus safar juga mendoakan keluarga dan kerabat yang ditinggalkan selama ibadah haji.

Doa Walimatus Safar

Ketika salah satu sahabat Rasulullah SAW menyatakan diri untuk mengadakan perjalanan jauh, Rasul membaca doa berikut ini, hal itu berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi.

Dilansir dari laman NU Online, doa tersebut dapat digunakan masyarakat untuk mendoakan jemaah haji dalam acara walimatus safar. Berikut ini doanya.

Lafaz Arab

زَوَّدَكَ اللهُ التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ وَيَسَّرَ لَكَ الخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ

Arab Latin : Zawwadakallâhut taqwâ, wa ghafara dzanbaka, wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta.

Halaman:

Editor: Budi Supri Yanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah