Keutamaan Membaca Doa Nabi Yunus untuk Memohon Ampun serta Pertolongan Allah Swt

- 16 Mei 2024, 10:02 WIB
Foto istimewa
Foto istimewa /

KABARINDRAMAYU -Doa Nabi Yunus merupakan salah satu doa yang banyak diamalkan untuk memohon ampun serta pertolongan Allah Swt. Berdasarkan riwayat, doa ini dipanjatkan oleh Nabi Yunus ketika ditelan ikan besar seperti paus.

Kisah Nabi Yunus ditelan ikan paus tercantum dalam beberapa ayat dalam surat Al Quran, termasuk Ash-Shaffat ayat ke-141, "Maka ia ditelan oleh ikan besar dalam keadaan tercela.

Peristiwa tersebut bermula saat Nabi Yunus menaiki sebuah kapal usai putus asa dakwahnya tidak diterima oleh penduduk Ninawa di Mosul, Irak.

Rupanya kepergian Nabi Yunus meninggalkan Ninawa dilakukan tanpa seizin Allah. Hal ini membuat Allah memberi ujian kepada Nabi Yunus berupa gelombang besar dan mengharuskannya lompat ke laut. Ketika Nabi Yunus lompat dari kapal, seekor ikan besar langsung melahapnya.

Dilansir dari NU Online, saat berada di perut ikan paus, Nabi Yunus segera bertobat dan berdoa kepada Allah. Doa yang dipanjatkan oleh Nabi Yunus pun didengar oleh Allah dan ia diselamatkan.

Doa Nabi Yunus dalam Arab, latin, dan artinya

Berikut bacaan doa Nabi Yunus saat berada di dalam perut ikan dalam bahasa Arab, latin, dan artinya. Doa ini dapat ditemukan dalam Surat Al Anbiya ayat 87.

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِين

Arab-latin: Lā ilāha illā anta subḥānaka innī kuntu minaẓ-ẓālimīn.

Artinya: "Tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim."

Halaman:

Editor: Budi Supri Yanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah